Translate

Kemerdekaan Dalam Kristen


Kemerdekaan dalam Kristen ~ Landasan firman Tuhan untuk tema kemerdekaan dalam Kristen diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat di Kolose 2:8-23. Tema kemerdekaan dalam Kristen ini bertujuan untuk: 1) supaya setiap orang percaya mengetahui arti kemerdekaan dalam Kristen. 2) supaya setiap orang percaya menjalani hidupnya sebagai orang yang sudah mengalami kemerdekaan dalam Kristen.

Ketika Kristus mati di atas kayu salib, disaat itulah pintu kemerdekaan terbuka. Dan di saat kita percaya Yesus, disitulah kita mengalami pembebasan. Namun tidak sedikit orang yang tidak memahami hal ini sehingga mereka masih mau diperhamba oleh filsafat dunia ini. Itulah sebabnya nas kita hari ini mengingatkan kita bahwa kalau kita sungguh-sungguh percaya Yesus kita telah dimerdekakan di dalam Dia. Karena itu jangan mau diperhamba oleh apapun. Untuk itu apa yang harus kita lakukan agar tidak terjerat oleh filsafat dunia ini?


Waspada
“Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.” (ayat 8). Dibutuhkan kewaspadaan agar bisa mengenali pengajaran-pengajaran yang menyesatkan.

Memahami bahwa pengajaran itu pada dasarnya kosong dan palsu karena tidak menuruti Kristus. Jadi seindah apapun pengajaran yang Anda dapatkan kalau bertentangan dengan Kristus, itu adalah kosong dan palsu dan perlu dihindari. Jangan pernah tergiur dengan bahasanya yang indah atau prinsipnya yang baik tetapi kalau tidak menurut Kristus, maka itu adalah kosong dan palsu dan jangan terkecoh.

Jangan Mau Dihukum lagi
Setiap orang yang ada di dalam Kristus sudah dibebaskan dari hukuman karena Kristus sudah menanggungnya di atas kayu salib. Jadi, jangan mau dihukum lagi dengan cara apapun karena semuanya telah Yesus tanggung (ayat 16-17). Kita adalah orang-orang merdeka agar dari kemerdekaan itu kita mempermuliakan Kristus dan bukan untuk menghukum diri sendiri. Kalau saja Allah tidak menghukum Anda, mengapa kita mau dihukum oleh peraturan-peraturan yang bukan dari Kristus?

Jangan Mau Digagalkan
Kemenangan Tuhan sudah sediakan ketika Dia mati dan bangkit dari maut, namun kemenangan itu perlu diambil untuk dinikmati dengan cara jangan mau digagalkan oleh tindakan-tindakan yang mengikuti jalan dunia ini (ayat 18). Jadi, raih kemenangan Anda dengan cara tidak terbelenggu dengan filsafat dunia ini. Kita adalah orang-orang merdeka agar dari kemerdekaan itu kita mempermuliakan Kristus

Post a Comment for "Kemerdekaan Dalam Kristen"