Translate

Ini Yang Penting Bagi Hidup Kita

Ini yang penting bagi hidup kita ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Yesaya 43:1-4. Penulis kitab Yesaya dalam pimpinan, tuntunan, arahan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis:
43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaanKu”.  
43:2 Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.
43:3 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu. 
43:4 Oleh karena engkau berharga dimataKu dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Dalam kehidupan kita setiap hari tentu ada yang menjadi hal terpenting yang kita akan lakukan dalam hidup ini. Hal terpenting itu kita perjuangkan, kita kerahkan segenap kemampuan, segenal skill dan sumber daya yang tersedia demi yang terpenting itu bisa kita capai dalam hidup ini.


Pertanyaan penting yang harus kita ajukan untuk direnungkan ialah: Apa saja yang penting untuk kita lakukan berdasarkan Yesaya 43:1-4? Berdasarkan firman Tuhan tersebut, maka ada beberapa yang perlu kita perhatikan, yaitu:

Satu, kita harus hidup apa kata Tuhan dan bukan apa kata manusia.
Penulis kitab Yesaya menulis: “Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaanKu” – Yesaya 43:1.

Guna memahami tentang kita harus hidup apa kata Tuhan dan bukan apa kata manusia, saya menyajikan suatu cerita yang saya dapat dari postingan salah seorang sahabat di FB. Ceritanya begini:

Suatu pagi, seorang pedagang Ikan mulai berjualan dipasar..
Ia memasang papan bertuliskan “HARI INI DI SINI JUAL IKAN SEGAR”. Tidak lama datanglah seorang Pembeli dan bertanya, “Mengapa kau tulis HARI INI? Bukankah kau memang berjualan sekarang, bukan kemarin atau esok?”

Pedagang Ikan mengganti tulisan “DISINI JUAL IKAN SEGAR”. Lalu datang pembeli ke 2 dan bertanya, “Mengapa kau tulis DISINI? Bukankah memang disini bukan disana?” Pedagang pun mengganti lagi dengan “JUAL IKAN SEGAR”.
Tidak lama Pembeli ke 3 datang dan bertanya, “Mengapa kau tulis Segar? Bukankah memang yang kau jual Ikan Segar bukan Ikan Busuk?”

Pedagang pun mengganti lagi dgn “JUAL IKAN”. Kemudian datanglah pembeli ke 4 yang bertanya, “Mengapa kau tulis kata Jual? Bukankah memang Ikan ini dijual bukan dipamerkan atau dibagikan gratis?”  Lalu dihapus kata Jual, dan tinggal “IKAN”. Tak lama datanglah pembeli ke 5 dan bertanya, “Mengapa kau tulis Ikan? Bukankah semua org tahu kau jual Ikan, bukan sayur atau daging?”. Pedagang pun menurunkan Papan itu dan beberapa hari kemudian dagangannya makin sepi pembeli karena jualannya sdh tidak menarik lagi.

Hikmah: Apapun yang kita lakukan, dan bagaimanapun keadaan kita, pasti tidak akan lepas dari penilaian dan komentar orang lain. Penilaian yang baik memang akan membuat kita bangga dan lebih bersemangat dlm menjalani hidup. Namun sebaliknya, penilaian buruk bisa membuat kita malu, tersinggung dan sakit hati bahkan kehilangan semangat.

Orang lain bebas berkomentar. Namun, kesuksesan itu tergantung keyakinan dan sikap kita sendiri. Pandai-pandailahlah dalam menyaring perkataan yg masuk telinga kita. Jangan biarkan orang lain mengubah arah hidup yang telah kita tentukan.
Jadikan penilaian mereka sebagai koreksi namun tetaplah melangkah sesuai dengan apa yang kita yakin.

Bersambung....!

Post a Comment for "Ini Yang Penting Bagi Hidup Kita"