Translate

Ini Yang Penting Bagi Hidup Kita Part 2

Ini yang penting bagi hidup kita ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Yesaya 43:1-4. Penulis kitab Yesaya dalam pimpinan, tuntunan, arahan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis:
43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaanKu”.  
43:2 Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.
43:3 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu. 
43:4 Oleh karena engkau berharga di mataKu dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Dalam tulisan yang terdahulu, saya sudah menjelaskan tentang bagian pertama terkait dengan yang penting untuk kita lakukan dalam hidup kita. Selengkapnya bisa dibaca DISINI.

Pada kesempatan ini saya hendak melanjutkan pembahasan bagi yang kedua dan ketiga dari hal penting untuk kita lakukan dalam hidup kita. Selengkapnya bisa dibaca di bawah ini.


Dua, kita harus tahu siapa yang bersama kita bukan masalahnya.
Dalam Yesaya 43:2, penulis kitab Yesaya dalam pimpinan, tuntunan, arahan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis: “Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau”.

Kutipan firman Tuhan di atas, memberikan suatu penegasan bahwa dalam hidup yang kita jalani di dunia ini, tentu ada ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Semua itu akan membebani hidup dan perjalanan kita. Artinya semua masalah selalu ada di jalan yang kita lalui.

Sikap yang penting untuk kita lakukan jangan memfokuskan diri kita kepada semua masalah yang ada di jalan hidup kita. Memang kita harus akui acap kali kita pada saat masalah terjadi dalam hidup kita, maka semua energi terfokus dan terkuran kepada masalah tersebut.

Menurut Yesaya, yang perlu kita lakukan ialah memfokuskan diri kepada Allah Tritunggal yang senantiasa ada bersama kita dalam setiap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang terjadi di jalan hidup kita. Ada dua analogi yang digunakan oleh Yesaya untuk menggambarkan tentang masalah yaitu “air” dan “api”.

Jaminan penyertaan dan providensia dari Allah Tritunggal menjadi fokus kita dalam setiap masalah yang kita alami. Jadi, jangan fokus dan menghabiskan energi hanya memikirkan masalah, tetapi fokuskan dan habiskan semua energi serta sumber daya yang tersedia untuk mengetahui rencana dan penyertaan Allah Tritunggal dalam hidup kita.
  
Tiga, kita harus tahu siapa yang pasti menolong kita dan bukan apa yang bisa kita perbuat.
Dalam Yesaya 43:3-4, penulis kitab Yesaya menulis: “Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu. Oleh karena engkau berharga di mataKu dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu”.

Kutipan firman Tuhan di atas, memberikan suatu penghiburan bagi kita bahwa: Satu, Allah Tritunggal menjadi Juruselamat bagi kita dari setiap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang ada di jalan hidup kita. Dua, Allah Tritunggal menjadi penebus kita dari segala dosa dan kejahatan kita. Tiga, kita ini sangat berharga dan mulia di mata Allah Tritunggal serta mengasihi kita dengan kasih yang sempurna. Jadi, kita harus memastikan bahwa Allah Tritunggal yang kita andalkan dan bukan hikmat dan kekuatan manusia yang kita harapkan.

Post a Comment for "Ini Yang Penting Bagi Hidup Kita Part 2"