Translate

Membangun Komunikasi Produktif Dengan Tuhan

Membangun komunikasi produktif dengan Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Mazmur 143:1-12. Salah satu ayat dalam kitab Mazmur tersebut menegaskan demikian: “Perdengarkanlah kasih setia-Mu kepadaku pada waktu pagi, sebab kepada-Mulah aku percaya! Beritahukanlah aku jalan yang harus kutempuh, sebab kepada-Mulah kuangkat jiwaku” – Mazmur 143:8.

Tuhan rindu supaya kita selalu berkomunikasi dan berinteraksi dengan diri-Nya. Kesuksesan atau keberhasilan dalam hidup kita sebagai umat-Nya sangat ditentukan oleh intimasi kita dengan Tuhan. Tanpa ada intimasi, persekutuan dan komunikasi yang baik dengan Tuhan, maka produktifitas hidup kita tentu tidak akan maksimal sebagaimana dikehendaki oleh Tuhan.

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam suatu hubungan, baik dalam keluarga, pertemanan maupun rekan kerja. Tidak ada yang bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya komunikasi yang baik. Komunikasi dapat diartikan sebagai sebuah proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain.


Di dalam komunikasi, ada pihak yang berperan sebagai pemberi informasi dan ada pihak yang berperan sebagai penerima informasi. Komunikasi akan berjalan dengan baik apabila dilakukan secara dua arah, yaitu saling bergantian. Namun sebaliknya, tujuan dari komunikasi tidak dapat tercapai ketika hanya dilakukan searah.

Hubungan kita dengan Tuhan pun tidak terlepas dari komunikasi. Kita perlu berkomunikasi dengan Tuhan secara terus-menerus, baik itu melalui doa, pujian penyembahan maupun perenungan firman. Sebab firman dapat menjadi salah satu media yang Tuhan gunakan untuk berkomunikasi dengan kita.

Melalui firman, Tuhan menyampaikan isi hati-Nya, janji-janji-Nya dan jawaban-jawaban doa kepada kita. Oleh karena itu, berkomunikasilah dengan Tuhan melalui firman. Belajarlah mendengarkan suara Tuhan dan berbicara kepada Tuhan melalui firman-Nya. Bercakap-cakaplah dengan Tuhan, dengarkan perkataan-Nya, jawablah Dia, dan ungkapkan isi hati serta pemikiran kita kepada Tuhan.

Biarkan diri kita tenggelam masuk dalam pengalaman firman yang luar biasa, agar kita dapat merasakan kuasa pengurapan-Nya mengalir, mengalami kasih-Nya memenuhi hati kita, menerima hikmat-Nya yang mengubah hidup, dan kita pun dapat melakukan mujizat bersama Yesus.

Ketika kita berhasil melakukan firman dan mengalami kuasa firman Tuhan yang ajaib, Tuhan akan melepaskan kuasa mencipta, impartasi akan terjadi, dan kepenuhan Roh Kudus akan kita alami dalam hidup kita. Inilah yang membuat firman Allah sedemikian hidup sehingga kita dapat mengalami Tuhan secara pribadi melalui firman-Nya.

Kita tidak akan lagi memperlakukan firman Allah sebagai benda, tetapi kita sungguh-sungguh mengalami firman Allah sebagai satu Pribadi Allah yang hidup dan sangat nyata. Teruslah berkomunikasi dengan Tuhan melalui firman, sehingga hidup kita diubahkan lebih baik lagi, serta perkara-perkara luar biasa akan terus Tuhan singkapkan kepada kita.

RENUNGAN
Sementara kita BERKOMUNIKASI dengan Tuhan melalui firman, firman itu akan SEMAKIN HIDUP dan kita dapat MENGALAMI TUHAN secara pribadi

APLIKASI
Sudahkah Anda berkomunikasi dengan Tuhan melalui firman?
Bagaimanakah Anda bisa mengalami Tuhan secara pribadi melalui firman-Nya?
Komitmen apa yang Anda lakukan untuk semakin mengalami Tuhan secara pribadi?