Translate

Rahasia Manunggal Dengan Tuhan

Rahasia manunggal dengan Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat 1 Yohanes 4:7-19. Dalam 1 Yohanes 4:16, penulis surat Yohanes dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan rahasia manunggal dengan Tuhan menulis demikian: “Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia”.

Kata “manunggal” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai: “menjadi satu dl sikap dan tingkah laku; luluh (bercampur, berpadu) sehingga tidak terpisahkan”. Jadi, manunggal dengan Tuhan artinya, kita menjadi satu dalam sikap dan tingkah laku ilahi sehingga tidak terpisahkan.

Kita hidup berdasarkan nilai-nilai kerajaan Allah. Kita hidup merepresentasikan tentang Allah kepada dunia. Apa yang dikasihi oleh Allah itu juga yang kita kasihi dan apa yang dibenci oleh Allah itu juga yang kita benci.

Fransis dari Asisi terkenal dengan pelayanannya di antara orang-orang miskin dan penderita kusta. Cara hidupnya yang mencerminkan kasih Kristus mencetuskan kebangunan rohani Eropa pada abad ke-13. Meski demikian, awalnya ia memiliki ketakutan terhadap penyakit kusta.



Kalau melihat penderita kusta, bisa dipastikan ia akan menjauhi mereka. Namun, suatu hari, tatkala mengendarai kuda di dekat kota Asisi, ia melihat satu sosok putih berjalan membelakangi sinar matahari. Penderita kusta! Hatinya menciut, tetapi Roh Kudus mengingatkan tentang kasihnya yang mula-mula dalam mengiring Yesus. Sesaat ia tertegun.

Kemudian ia segera berdoa minta pimpinan Roh Kudus, bergegas mendekati penderita kusta itu, memberinya uang dan merangkulkan tangan ke pundaknya. Saat melakukannya, ia merasa bahwa yang ia peluk tidak lain adalah Kristus sendiri. Bahkan salah satu puisi tentangnya menggambarkan bagaimana setelah meninggalkan penderita kusta tersebut, ia sempat berbalik, tetapi tidak dapat melihatnya di mana pun juga. Satu hal yang pasti, kejadian hari itu menjadi titik awal pelayanannya yang luar biasa.

Kasih Allah memampukan Fansis melakukan apa yang ia lakukan. Ketika ia memutuskan untuk tinggal dalam kasih Allah, Roh Kudus semakin memenuhi hatinya dengan kasih. Membuat Fransis melihat orang lain sebagaimana Allah melihat mereka. Hal itulah yang kemudian mendorongnya untuk melakukan perkara yang lebih besar bagi Allah.

Jika kita tinggal dalam kasih, hidup kita menyatu dengan Tuhan. Apa yang kita pikirkan adalah pikiran Tuhan. Tindakan kita juga adalah tindakan Tuhan sendiri. Tindakan penuh kasih, yang berbeda dengan kebiasaan lama kita. Oleh sebab itu, sudah selayaknya kita terus menjaga kasih mula-mula. Hiduplah dalam persekutan dengan Roh Kudus.

Perbanyak porsi memuji menyembah Tuhan, membaca ReKA dan Alkitab, dan juga mendengarkan Alkitab Audio. Lakukan terus setiap hari, maka Roh Kudus akan terus memenuhi hidup kita. Saat kita manunggal dengan Tuhan, kita akan hidup dengan mengalami kemenangan-kemenangan besar. Amin.

RENUNGAN

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, rahasia MANUNGGAL DENGAN TUHAN adalah KASIH MULA-MULA yang kita alami ketika kita menerima KEPENUHAN ROH KUDUS

APLIKASI
1. Apa hubungan manunggal dengan Tuhan dan kasih? 

2. Mengapa kita membutuhkan kepenuhan Roh Kudus dalam hal ini?
3. Bagaimana Anda bisa menjaga kasih mula-mula itu tetap tinggal dalam hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terus penuhilah kami dengan Roh Kudus. Kami ingin kasih-Mu tetap tinggal dalam hati kami, sehingga kami bisa semakin manunggal dengan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”