Translate

Makna Konsep Pengganti

Makna konsep pengganti  ~ Defenisi dari konsep pengganti (subtitution) dalam dogmatika Kristen adalah kematian Yesus Kristus sebagai ganti manusia yang percaya kepada-Nya sebagai Tuhan dan  Juru Selamat pribadinya. Konsep pengganti ini dapat dijabarkan dalam kata depan bahasa yunani yaitu kata huper (in the place of)  dan anti.

Beberapa teori yang salah tentang kematian Yesus:

Marturial Theory (teori mati sahid) adanya unsur paksaan yang didalangi oleh ajaranNya yang tinggi dan hidupNya yang saleh. Ini ditentang dalam Yohanes 10: 18: “Tidak seorang pun mengambil dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku”.

The moral influence theory ( teori pengaruh moral ) adalah kematian Yesus hanya suatu tanda simpati Allah terhadap manusia yang berdosa hanya sebatas teladan.ini ditentang dalam Yohanes 1:18: “Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya”; dan 2 Korintus 5:21: “Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah”.


The identification theory  ( teori identifikasi) adalah seolah-olah  Allah diharuskan menerima pertobatan, yang diwakili oleh satu orang yaitu Yesus. Ditentang dalam Roma 10:9: “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan”.

The rectorial or government theory (teori rector atau pemerintah) mengakui nilai obyektif kematian Kristus.               

The ransom to satan theory (teori tebusan kepada setan)  Allah  memuaskan hati setan dengan harga tebusan AnakNya  ditentang dalam Ibrani 2:14: “Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut”; dan 1 Yoh 3:8: “Barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu”.

Teori symbol atau mitos: Kematian Kristus  adalah symbol tentang kebenaran atau kenyataan pengalaman manusia.