Translate

Tuhan Mengubah Hidupmu

Tuhan mengubah hidupmu ~ Landasan firman Tuhan untuk tema Tuhan mengubah hidupmu karena kasih diambil dari kitab Kisah Para Rasul 9:1-31. Tujuan dari tema Tuhan mengubah hidupmu karena kasih, yaitu: 1) supaya setiap orang percaya mengerti bahwa Tuhan mengubah hidup karena kasih bukan karena ada yang baik kepada dirinya. 2) supaya setiap orang percaya menyadari betapa Tuhan mengasihinya yang dibuktikan dengan Tuhan mengubah hidupmu karena kasih.

Alkitab baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru memperlihatkan tentang sejumlah sifat dan karakter Allah. Salah satu sifat atau karakter Allah adalah kasih. Manusia sudah jatuh ke dalam dosa sehingga layak untuk dihukum karena dosa dan kejahatannya. Akan tetapi Allah yang adalah kasih itu tetap mengasihi manusia yang Dia ciptakan serupa dan segambar dengan diriNya.

Dalam hal itulah kita menemukan bahwa kasih Allah itu melampaui dosa dan kejahatan manusia. Walaupun Allah tetap menghukum dosa karena Allah adalah kudus. Penyelesaian dosa dilakukan oleh Allah dengan cara mengutus Yesus datang ke dalam dunia untuk menebus manusia dari dosa dan kejahatannya.


Paulus, nama yang tidak asing bagi kita. Paulus adalah seorang yang terpelajar yang menguasai hukum Taurat. Paulus juga orang yang begitu bersemangat dalam menganiaya pengikut Kristus. Tapi kemudian bertobat setelah mengalami perjumpaan dengan Tuhan Yesus dalam perjalanan ke kota Damsyik. Paulus adalah seorang penulis paling produktif. Banyak Kitab Perjanjian Baru, hampir setengah kitab Perjanjian Baru ditulis oleh Paulus. Melalui Kisah Para Rasul ini kita bisa menarik beberapa pelajaran berharga, yaitu:

Satu, Allah berkuasa mengubah hidup seseorang – KPR 9:1-2, 20.
Jika kita baca ayat di atas, ada sesuatu yang bertolak belakang. Paulus pergi ke Damsyik dengan tujuan untuk menganiaya pengikut Kristus. Bukan hanya itu saja, ia pun bahkan akan membunuh mereka tapi kemudian melalui perjumpaannya dengan Yesus, Paulus bertobat. Jika ada kuasa yang begitu kuat yang menarik orang untuk percaya kepada jalan kebenaran, itu pasti karena Kristus dan itu menjadi suatu bukti betapa besarnya kuasa Allah. Adakah sisi kehidupan Anda yang masih sulit berubah?

Dua, Allah membuktikan kasih-Nya melalui pertobatan Paulus – KPR 9:4-6.
Sebagai manusia mungkin kita tak habis pikir, bagaimana mungkin kita “sudi” bercakap-cakap dengan orang yang sudah menganiaya kita, melihat mukanya pun kita muak. Tapi Yesus tidak demikian, Yesus bercakap-cakap dengan orang yang telah menganiaya dirinya.

Yesus bahkan membimbing Paulus yang jahat itu agar bertobat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah. Ini menjadi suatu bukti betapa panjang sabar, luas, dalam, tak terbatas kasih Allah bagi manusia. Perbuatan jahat manusia tak mampu menghentikan aliran kasih dalam diri Allah.

Tiga, ketaatan kepada Allah jalan kepada perubahan – KPR 9:8-9, 17.
Paulus berubah karena dirinya berusaha taat, secara manusia Paulus bisa saja malah berusaha semakin membenci Yesus yang telah membuatnya tidak bisa melihat. Paulus berada dalam kondisi tergoncang “shock” sehingga ia tidak makan dan minum selama tiga hari tapi dia berusaha untuk taat.

Ketaatan kepada Allah itulah yang membuat hidup seseorang mengalami perubahan yang seturut kehendak Allah. Jika kita bertanya apa sesungguhnya yang diinginkan Allah, ketaatan adalah jawabannya. Bagaimana Anda belajar untuk hidup taat kepada Allah? Apa yang Anda kerjakan? Rencanakan suatu tindakan yang akan Anda lakukan supaya bisa mengalami kasih Allah yang mengubah kehidupan Anda menjadi semakin seperti Kristus.

Post a Comment for "Tuhan Mengubah Hidupmu"