Translate

Tabut Perjanjian Tanda Kehadiran Tuhan

Tabut perjanjian tanda kehadiran Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari 1 Tawarikh 16:37-43. Dalam 1 Tawarikh 16:37, penulis kitab 1 Tawarikh dalam pimpinan Roh Kudus, menulis: “Lalu Daud meninggalkan di sana di hadapan tabut perjanjian TUHAN itu Asaf dan saudara-saudara sepuaknya untuk tetap melayani di hadapan tabut itu seperti yang patut dilakukan setiap hari”.

Sebuah keluarga besar mengadakan perayaan ulang tahun ke-90 dari ibu, nenek, buyut mereka. Perayaan diadakan di rumah salah satu cucu yang memiliki taman yang sangat indah serta luas. Berbagai hidangan sudah disiapkan. Mereka juga mengundang kerabat dekat, teman serta tetangga kanan kiri. Perayaan ulang tahun itu berlangsung dengan sangat meriah.

Ketika tiba waktunya acara tiup lilin, mereka kebingungan mencari dimanakah ibu, nenek dan buyut mereka berada. Beberapa saat mereka mencari di area sekitar taman, tetapi mereka tidak menemukannya.



Sampai ada salah seorang cucu masuk ke sebuah kamar tidur yang ada di dalam rumah itu, ternyata sang nenek sedang tertidur pulas ditemani oleh susternya. Rupanya sang nenek merasa kelelahan lalu beristirahat disitu. Sang ibu, nenek, buyut, yang seharusnya menjadi fokus utama dari perayaan ulang tahun tersebut, ternyata sempat terlupakan keberadaannya.

Jangan sampai apa yang terjadi dalam perayaan ulang tahun diatas, terjadi juga saat kita masuk dalam gerakan membangun Pondok Daud. Apa yang seharusnya menjadi esensi utama di Pondok Daud, terlupakan begitu saja karena kita begitu fokus dengan hal-hal yang lain.

Pusat utama Pondok Daud adalah Tabut Perjanjian yang menggambarkan Tuhan Yesus sendiri. Semua yang kita lakukan di Pondok Daud fokusnya haruslah Tuhan Yesus. Tuhan Yesus harus menjadi satu-satunya Pribadi yang menerima pujian, penyembahan, serta pengagungan kita.

Saat kita sungguh-sungguh menjadikan Tabut Perjanjian yang menggambarkan Tuhan Yesus sebagai pusat Pondok Daud, maka kita akan mengalami anugerah demi anugerah yang luar biasa dalam hidup kita. Ikutilah sesi kedua dari seri kotbah “Build David’s Tent” dengan judul “The Ark of Covenant.” Kita akan menerima pengajaran tentang apa saja anugerah yang akan kita terima saat kita menjadikan Tabut Perjanjian yang menggambarkan Tuhan Yesus sebagai pusat di Pondok Daud yang kita bangun.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Jadikanlah TABUT PERJANJIAN yang menggambarkan Tuhan Yesus sebagai PUSAT di PONDOK DAUD yang kita bangun.

APLIKASI
1. Mengapa Tabut Perjanjian harus menjadi pusat dari Pondok Daud yang kita bangun?
2. Bagaimana kita bisa menjadikan Tabut Perjanjian sebagai pusat dari Pondok Daud yang kita bangun?
3. Anugerah apa yang ingin Anda terima saat Anda menjadikan Tabut Perjanjian sebagai pusat dalam Pondok Daud yang Anda bangun?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, biarlah Engkau terus menjadi pusat penyembahan di Pondok Daud yang kami bangun. Biarlah Engkau menjadi satu-satunya Pribadi yang disukakan dengan pujian penyembahan serta pengagungan kami. Biarlah Engkau bertahta diatas pujian serta sembah kami. Kerajaan-MU datang dan kehendak-MU terjadi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”