Translate

Hidup Dalam Kepastian

Hidup dalam kepastian ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat Ibrani 13:8-16. Surat Ibrani terdiri dari 13 pasal dan 303 ayat. Tema utama surat Ibrani ialah perjanjian yang lebih baik dan konsep yang benar tentang kemuliaan Kristus.

Surat Ibrani ini ditulis dan ditujukan kepada orang-orang Kristen Yahudi yang sedang mengalami penganiayaan dan keputusasaan karena iman mereka kepada Kristus. Penulis surat Ibrani berusaha untuk memperkuat iman mereka dengan memberikan penjelasan secara lengkap tentang keunggulan dan kepastian hidup yang diperoleh melalui penebusan di dalam Yesus Kristus.

Penulis melalui suratnya ini memberi motivasi kepada orang Kristen Yahudi pada masa itu, maupun bagi kita pada masa kini, yaitu: Satu, untuk tetap mempertahankan pengakuan iman mereka kepada Kristus sampai titik darah terkahir. Dua, untuk terus bertumbuh dalam iman dan semakin dewasa secara rohani. Tiga, untuk tidak lagi kembali kepada kehidupan yang lama dengan cara meninggalkan atau menyangkali iman mereka kepada Yesus Kristus.

Jadi, proposisi kita ialah: Hanya di dalam dan melalui Tuhan Yesus Kristuslah kita menemukan dan mendapatkan kepastian hidup yang sebenarnya kini dan selamanya.

Pertanyaannya ialah: “Mengapa demikian?” Berdasarkan firman Tuhan dalam Ibrani 13:8-16, maka ada beberapa alasan kuat bahwa hanya di dalam Tuhan Yesus Kristus kita mendapatkan kepastian hidup yang sebenarnya, yaitu:

Isi
1.    Karena Yesus satu-satunya jangkar yang kuat bagi iman kita – Ibrani 13:8 – “Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya”.
2.    Karena Yesus satu-satunya penebus yang sempurna bagi kita – Ibrani 13:12-13 – “Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk menguduskan umatNya dengan darahNya sendiri. Karena itu marilah kita pergi kepadaNya di luar perkemahan dan menanggung kehinaanNya”.
3.    Karena Yesus satu-satunya jaminan yang membuat kita bisa bersyukur dan berbuat baik – Ibrani 13:15-16 – “Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan namaNya. Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah”.


Penutup
Hanya di dalam dan melalui Tuhan Yesus Kristuslah kita menemukan dan mendapatkan kepastian hidup yang sebenarnya kini dan selamanya. Alasannya ialah karena Yesus satu-satunya jangkar yang kuat bagi iman kita; Yesus satu-satunya penebus yang sempurna dan Yesus satu-satunya jaminan yang membuat kita bisa bersyukur dan berbuat baik.

Peran Anda
Anda diberkati melalui renungan dan materi Firman Tuhan? Jangan berhenti di situ saja, mari ikut memberkati pelayanan pekerjaan Tuhan, sehingga kita dapat menjangkau jiwa-jiwa lebih banyak lagi.

Caranya
Anda dapat berpartisipasi untuk menyebarkan terang Firman Tuhan ke seluruh dunia ini dengan memberikan Donasi ke Kumpulan Khotbah Alkitabiah.

Donasi
Mari berikan berkat yang telah Anda terima tiap bulan agar Firman Tuhan dapat terus disebarkan ke seluruh dunia. Donasi Anda akan membantu kelangsungan penyebaran Firman Tuhan melalui blog ini.

Caranya:
Melalui transfer Bank

Rekening Bank BCA
No. Rekening          : 4960218693
Atas nama                : Yohanes Ratu Eda
Cabang                     : KCP Jatinegara
Kota                           : Jakarta Timur

Rekening Bank BRI
No. Rekening          0122-01-045497-50-3
Atas Nama                : Yohanes Ratu Eda.
Cabang                     : KCP Jatinegara
Kota                           : Jakarta Timur

Konfirmasi Donasi:
Konfirmasikan donasi yang telah Anda lakukan melalui SMS, ketik *KKAJD#Nama Anda#Jumlah Donasi* kirim ke: 085211122477; 081315470967 atau telp ke nomor hp tersebut dan ke nomor telp kantor: (021) 8091995. Semua donasi Anda setelah diverifikasi akan dilaporkan dan dimuat di blog ini.