Translate

Membuka Hati Guna Mengalami Kuasa Tuhan

Membuka hati guna mengalami kuasa Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Mazmur 37:1-11. Dalam Mazmur 37:5, penulis kitab Mazmur dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan membuka hati guna mengalami kuasa Tuhan, menulis demikian: “Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak”.

Pada suatu hari, ada seorang pengusaha pakaian yang sedang mengalami krisis dalam usahanya. Ia berpikir keras dan mencari cara untuk meningkatkan penjualan. Setelah berunding dengan rekan bisnisnya, ia mendapatkan ide untuk membuat jenis baju yang belum pernah ia buat sebelumnya. Saat hendak belanja bahan, ia melihat bahan yang hendak ia pakai sedang diobral.

Tanpa pikir panjang, bahkan tanpa berdoa dan bertanya dahulu kepada Tuhan, ia langsung memborong semuanya dan kemudian mengolahnya menjadi pakaian. Ia optimis bahwa barang itu akan laku keras. Namun siapa sangka bahwa ternyata pakaiannya tidak ada yang laku. Alih-alih mendapatkan untung besar, ia justru mengalami kerugian yang sangat besar.

Ketika menghadapi suatu masalah dalam pekerjaan, seringnya yang pertama kali kita lakukan adalah berpikir. Kita sibuk mencari-cari solusi dengan kemampuan kita sendiri. Apabila kita merasa terdesak, kita pun mencari seseorang yang ahli di bidangnya untuk membantu kita menyelesaikan permasalahan itu.



Coba bayangkan, bagaimana ketika Maria hamil dan hendak diceraikan tunangannya. Saat itu ia tidak sibuk mencari-cari cara membujuk Yusuf agar tidak meninggalkannya. Maria sadar bahwa hanya Tuhanlah sumber jawabannya. Sehingga akhirnya campur tangan Tuhan yang ajaib terjadi dalam hidup Maria.

Benar, sering kali Tuhan tidak melakukan intervensi bukan karena Dia tidak mau, tetapi karena kita tidak mengizinkannya. Ketahuilah, Tuhan yang kita sembah adalah Allah Maha Besar, tetapi jelas Dia bukanlah Allah Maha Pemaksa. Apabila kita tidak memberikan-Nya akses dalam kehidupan kita, Dia pun tidak akan memaksa untuk berkarya atas diri kita.

Sebaliknya, Tuhan berkenan apabila kita menyerahkan hidup kita sepenuhnya ke dalam tangan-Nya yang Maha Kuasa. Dia pun akan menunjukkan jalan-Nya dan menyatakan keajaiban-Nya. Bagian kita hanyalah percaya dan memberikan akses penuh bagi Tuhan untuk campur tangan dan berkarya dalam hidup kita.

RENUNGAN

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Allah Maha Kuasa, BUKAN Maha Pemaksa; jika kita tidak MEMBERIKAN AKSES MASUK bagi-Nya, Dia tidak akan CAMPUR TANGAN dalam hidup kita

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengizinkan Tuhan melakukan intervensi dalam hidup Anda?
2. Menurut Anda, mengapa penting bagi Anda untuk memberikan Tuhan akses masuk dalam hidup Anda?
3. Bagaimana caranya agar Tuhan dapat turut campur tangan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, ampunilah kami apabila kami masih sering mengandalkan kekuatan kami sendiri dan tanpa sengaja menutup pintu hati kami bagi-Mu. Sehingga Engkau tidak bisa masuk dan melakukan intervensi dalam hidup kami. Mulai hari ini, kami mau belajar untuk bisa berserah dan mempercayakan hidup kami sepenuhnya ke dalam kuasa tangan-Mu. Terima kasih, ya, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”