Translate

Rindukah Anda Kepada Tuhan ?

Rindukah anda kepada Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Mazmur 84:1-12. Jika seseorang pergi jauh meninggalkan rumah, maka pada saat-saat tertentu muncul kerinduan yang sangat untuk cepat kembali ke rumahnya.

Pemazmur telah sekian lama tinggalkan rumah Tuhan dan ia baru kembali pada saat berlangsungnya pesta Perayaan Pondok Daun. Lebih lanjut pasal pembacaan kita mengungkapkan bagaimana pemazmur melihat dirinya sebagai makhluk yang harus menyembah Tuhan.

Dia juga melihat dirinya sebagai seorang musafir, bahkan bagaikan anak terhilang dari rumah Bapa. Di pihak lain, bisa saja terjadi seseorang secara tubuh aktif di dalam setiap kegiatan gereja, tetapi hidup rohaninya jauh dari Tuhan.



1. Apakah kita rindu akan rumah Tuhan?
·      Rumah Tuhan adalah tempat peristirahatan bagi jiwa kita
“Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa” – Mazmur 23:6.
·      Rumah Tuhan adalah tempat dimana Allah dan manusia saling membagi kasih
“Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya” – Mazmur 27:4.
·      Berdiam di rumah Tuhan adalah sesuatu yang berharga
“Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik” – Mazmur 84:11.

2. Apakah kita harapkan pertolongan Tuhan?
·         Allah berjanji untuk menolong kita
“Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau” – Yesaya 41:13.
·         Roh Kudus adalah Roh Penolong
“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Duani tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu” – Yohanes 14:16.
·         Tuhan adalah kekuatan kita
“Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah!” – Mazmur 84:6.

3. Apakah kita menginginkan hadirat Allah?
·         Lebih baik sehari bersama Tuhan daripada seribu hari tanpa Dia
“Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik” – Mazmur 84:11.
·         Dia, Imanuel, Allah menyertai kita

“Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel” – Yesaya 7:14; “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” – yang berarti: Allah menyertai kita” – Matius 1:23.