Translate

Menjadi Pengikut Kristus Yang Baik

Menjadi pengikut Kristus yang baik ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada anak rohaninya yaitu Timotius, tepatnya dalam 2 Timotius 2:1-15. Dalam 2 Timotius 2:3-4, rasul Paulus memberikan penegasan yaitu: “Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus. Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya”.

Walaupun nyawa sebagai taruhan, seorang tentara tidak akan pernah berhenti untuk terus maju bertempur. Ia rela berkorban demi keamanan bangsa dan negara serta tanah air tercinta. Karena itulah tugas utama para tentara. “Tentara hanya mempunyai kewajiban satu, ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya.

Sudah cukup kalau tentara teguh memegang kewajiban ini. Lagi pula, sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh,” demikian sepenggal amanat Jenderal Sudirman. Menjadi prajurit terkadang tidak menyenangkan, tetapi di situ kita akan belajar arti sebuah komitmen dan loyalitas kepada pimpinan. Benar, ketaatan mutlak dan disiplin yang tinggi sebagai tentara adalah harga mati.

Demikian juga dengan kita sebagai tentara Allah. Kita perlu menyingkirkan segala kepentingan maupun kekuatiran pribadi kita. Kita harus mempunyai komitmen yang sangat kuat bagi Kerajaan Allah dan Tuhan Yesus sebagai Panglima tertinggi. Bagaimanapun, Tuhan menginginkan kita memiliki mentalitas seorang tentara. Tentara yang siap berjuang bagi-Nya apa pun yang terjadi.

Tentara yang tidak memikirkan kepentingan dirinya sendiri, tetapi kepentingan Kerajaan Allah. Tentara yang selalu mencari tahu isi hati-Nya dan mendahulukan visi serta rencana-Nya. Tentara yang rela menanggalkan egonya demi tujuan Tuhan yang lebih besar melalui hidupnya. Tentara dengan kualitas hati seperti inilah yang Tuhan cari dan yang berkenan di hati-Nya.

Jangan takut, Tuhan tidak akan pernah menutup mata-Nya. Apa pun yang kita kerjakan bagi rencana-Nya, Dia yang akan menilainya. Serahkan segala kekuatiran kepada-Nya. Tugas kita adalah fokus memperjuangkan visi dan panggilan yang Tuhan berikan. Di mana pun Dia menempatkan kita, kita siap menjalankan kehendak-Nya.

Jika kita memastikan diri tetap konsisten dan berkomitmen kuat untuk memperjuangkan rencana Allah, Dia bukan hanya akan memampukan kita menuntaskan semua tugas kita, tetapi Dia juga akan memastikan segala kebutuhan hidup kita secara jasmani ataupun rohani terpenuhi sampai berkelimpahan.

RENUNGAN

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, TENTARA ALLAH yang baik bukanlah orang yang memusingkan kepentingan pribadinya, tetapi PRIBADI YANG SIAP BERJUANG UNTUK RENCANA TUHAN

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengetahui dan memperjuangkan rencana Tuhan dalam hidup Anda, atau Anda masih lebih fokus memperjuangkan rencana hidup Anda sendiri? Mengapa?

2. Apakah rencana atau visi Tuhan dalam hidup Anda? Tuliskan kembali jika Anda sudah mengetahuinya; jika belum, doakan dan minta petunjuk Tuhan.
3. Bagaimana Anda dapat memperjuangkan rencana Tuhan dengan hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami rindu untuk senantiasa hidup dalam rencana-Mu. Biarlah nama-Mu dipermuliakan melalui hidup kami, sehingga orang-orang datang kepada-Mu dan semakin banyak jiwa diselamatkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”