Translate

Prinsip Penginjilan Yang Efektif Dan Berhasil

Prinsip penginjilan yang berhasil ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Kisah Para Rasul 13:1-14:28. Penginjilan merupakan tugas gereja yang diberikan oleh Tuhan Yesus Kristus untuk dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh. Penginjilan dilakukan sebagai upaya memberitakan kabar baik tentang pengampunan dosa yang ada di dalam dan melalui Tuhan Yesus Kristus.

Tuhan Yesus pra kenaikan-Nya ke sorga memberi perintah yang jelas dan tegas kepada para murid terkait dengan pemberitaan Injil yaitu: “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” – Matius 28:19. Jadi, dalam perspektif Kristen pemberitaan Injil itu sangat penting karena tanpa Injil manusia pasti binasa.

Tentu semua gereja mengharapkan dan menghendaki agar penginjilan yang dilakukannya berhasil yang ditandai dengan adanya jiwa-jiwa yang diselamatkan oleh Tuhan Yesus melalui pelayanan gereja. Namun, penginjilan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.


Oleh karena itu, supaya pemberitaan Injil berhasil, maka gereja harus mengetahui prinsip-prinsip utama di dalam melaksanakan pemberitaan Injil. Prinsip-prinsip ini sangat penting untuk diketahui dan dipegang oleh setiap orang percaya ketika akan melaksanakan pemberitaan Injil. Prinsip-prinsip ini menjadi pedoman supaya pemberitaan Injil terlaksana dengan baik dan berdampak positif terhadap pertumbuhan gereja.

Penginjilan yang dilakukan dengan serampangan tentu akan berdampak buruk secara sosial dan juga akan membuat gereja dimusuhi atau dibenci oleh masyarakat yang anti terhadap kekristenan. Berikut beberapa prinsip penginjilan yang efektif dan berhasil yang perlu diperhatikan oleh setiap umat Tuhan.

Kita akan melihat beberapa faktor yang membuat Barnabas dan Paulus berhasil dalam penginjilannya sebagaimana dicatat oleh Lukas dalam Kisah Para Rasul, yaitu:
1. Tekun dlm doa & puasa (ayt 2-3)
2. Peka & taat kepada pimpinan Roh Kudus (ayt4)
3. Konfrontasi melawan tukang sihir (Kis 13:6-11)
4. Rajin keluar menjelajahi desa-desa (spt: Siprus, Pafos, Pisidia, Ikonium, Listra, Derbe) (ayt 14:8,25)
5. Memberitakan Injil dg berani (13:46)
6. Tidak sombong (14:15)
7. Tetap tabah dlm kesulitan (14:19)

Hasil penginjilan
1. Memperoleh banyak murid (14:21)
2. Kuasa sihir ditaklukkan (13:6-11)
3. Kuasa penyembahan berhala gugur (14:21)