Translate

Transformasi Hidup Kristen

Transformasi hidup Kristen ~ Landasan firman Tuhan untuk tema transformasi hidup Kristen diambil dari Injil Lukas 1:46-56. Tujuan dari tema transformasi hidup Kristen ini adalah: 1) supaya setiap orang percaya mengerti bahwa transformasi hidup Kristen sesungguhnya berpusat kepada Tuhan Yesus. 2) supaya setiap orang percaya menyadari bahwa ia sudah mengalami transformasi hidup Kristen sehingga ia harus hidup menghasilkan buah-buah yang sesuai dengan pertobatannya. 3) supaya setiap orang percaya menjadi agen transformasi Kristen bagi dunia.

Natal telah melahirkan terang, yaitu terang Allah telah lahir ke dalam dunia; dalam hati manusia. Namun, apakah kita telah mengalami suatu perubahan hidup, yang di mana perubahan itu akan membawa kita dalam suatu pengharapan yang indah. Kalau kita sudah benar – benar memahami makna kehadiran Kristus yang sesungguhnya, maka di sana kita akan melihat 3 perubahan yang nyata dalam kehidupan kita:


Transformasi hidup Kristen dalam aspek moral
Semua manusia telah berdosa dan hilang kemuliaan Allah. Demikianlah yang ditegaskan oleh rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di kota Roma yaitu Roma 3:23. Karena semua manusia sudah berdosa, maka secara moral keadaan manusia sangat jahat di hadapan Allah.

Berdasarkan hal itu maka manusia secara umum membutuhkan transformasi hidup dalam aspek moral. Dan untuk mengalami transformasi hidup, maka manusia membutuhkan seorang yang moralnya tidak dicemari oleh dosa. Seorang yang moralnya tidak terkontaminasi oleh dosa hanyalah Yesus Kristus.

Jika Kristus benar–benar telah lahir dalam hati kita, maka segala kecongkakan yang masih bercokol dalam kehidupan kita akan diruntuhkan dan dimatikan (ayat 51). Dan kita akan selalu memiliki hati yang tulus di hadapan Allah serta selalu mensyukuri segala sesuatu yang ada dan yang terjadi.

Adanya perubahan moral ini terjadi di saat kita menyadari akan tindakan Yesus yang turun ke dunia dengan meninggalkan kemegahan dan kemuliaan-Nya, dan memakai manusia yang hina dan yang terbatas sebagai penjelmaan diri-Nya, dan menjadi seorang hamba.

Transformasi hidup Kristen dalam aspek sosial
Secara social manusia mengalami kemerosotan. Ditandai dengan ada cara hidup yang egosentris, hedonis dan konsumtif. Cara hidup tersebut telah menyebabkan adanya jurang yang menganga lebar secara social yaitu yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

Kehadiran Allah dalam hidup kita akan menghancurkan status sosial yang dibuat oleh manusia (ayat 52). Jangan pernah merendahkan orang lain karena Kristus telah datang untuk mereka dan telah merelakan diri-Nya mati bagi seluruh umat manusia. Kalau betul Yesus sudah lahir dalam hidup kita, maka kita akan memiliki perubahan hidup di mana kita tidak akan memandang orang lain dengan sudut pandang yang merendahkan dengan segala sebutan yang bernada negatif.

Transformasi hidup Kristen dalam aspek ekonomi
Walaupun kita kaya tetapi kalau kita tidak mau memperhadapkan hidup kita pada Tuhan, maka semuanya itu tidak akan bernilai. Tetapi sebaliknya, sekalipun miskin tetapi kita selalu perhadapkan hidup ini kepada Tuhan maka kita akan mendapatkan hidup yang berkelimpahan (ayat 53).

Suatu masyarakat yang tidak memiliki Kristus adalah suatu masyarakat yang tamak di mana setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya. Tetapi masyarakat yang telah menerima Kristus adalah suatu masyarakat di mana seseorang tidak berani untuk mempunyai banyak sementara yang lainnya mempunyai begitu sedikit, di mana setiap orang harus mendapatkan untuk diberikan lagi. Natal telah melahirkan terang, yaitu terang Allah telah lahir ke dalam dunia; dalam hati manusia.

1 comment for "Transformasi Hidup Kristen"

  1. Terima kasih,saya diberkati dng kata transformasi.Sering sy dengar tp konteks yg berbeda.sebaiknya lebih banyak merujuk Alkitab spt misalnya Efesus 2:1-10 khuausnya di ayat 10.Juga dgn 2 Petrus 3 :17-18 agar makin bertumuh dlm KASIH KARUNIA DAN PENGENALAN akan TUHAN KITA YESUS KRISTUS.Dengan demikian,orng kristen tidak terseret dengn dunia ini dan tidak kehilangan pegangan,gbu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar Anda