Translate

Mengalahkan Kemalasan Dalam Hidup

Mengalahkan kemalasan dalam hidup ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat di kota Roma, yaitu Roma 12:9-21. Dalam Roma 12:11, rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus menulis: “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan”.

Tidak pernah melewatkan setiap kesempatan yang ada adalah prinsip hidup Anti. Anti, gadis desa yang pindah ke kota karena melanjutkan sekolah dan bekerja. Setelah beberapa tahun tinggal di kota, ia ingin terlibat dalam pelayanan dan hatinya selalu tergerak saat melihat anak-anak kecil.

Tuhan pun membukakan jalan. Ia memiliki teman baru dan sama-sama ikut dalam pelayanan anak di kota itu. Awalnya, Anti hanya membantu dalam hal-hal kecil saja. Menyapu dan menata tempat ibadah ia jalankan dengan senang hati. 

Waktu pun berlalu. Anti rindu lebih lagi dipakai Tuhan dalam pelayanan anak-anak. Kemudian, saat terpilih sebagai pemimpin choir anak untuk acara sekota, ia meragu. Apakah ia bisa menjalankan tanggung jawab yang besar itu? Namun, ia memilih percaya Tuhan yang akan memampukannya.


Setelah itu, ia mulai sering diminta menjadi pembawa acara anak-anak, mengelola acara anak-anak sekota, menjadi pelatih teater, mengisi acara radio, mengatur acara pelatihan guru-guru sekolah minggu, dan banyak hal lain yang sebelumnya tidak pernah terlintas dalam benaknya. 

Tanggung jawab apa pun yang saat ini Tuhan percayakan kepada kita, lakukanlah dengan sepenuh hati, bersukacita, dan bukan karena terpaksa. Sebab Tuhan melihat respons hati kita saat kita menjalankannya. Ingatlah, Tuhan memberikan tanggung jawab sesuai kekuatan kita masing-masing.

Miliki roh yang menyala-nyala dan lihat tanggung jawab sebagai berkat. Jika roh kita menyala-nyala, kita akan selalu siap menerima beban tanggung jawab sebesar apa pun juga. Saat kita berani meresponi tugas dari Tuhan, percayalah Dia juga bertanggung jawab untuk menyertai, memelihara, dan memampukan kita lebih dan lebih lagi.

Oleh karena itu, jagalah api roh kita agar tidak padam dan terus menyala di hadapan-Nya. Lihatlah segala pekerjaan Tuhan sebagai kehormatan, bukan beban. Siapkan hati kita untuk level tanggung jawab yang lebih besar. Maka Tuhan yang setia akan membawa hidup kita ke level yang lebih tinggi lagi.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Kalau roh kita MENYALA-NYALA, beban TANGGUNG JAWAB sebesar apa pun akan kita TERIMA dan JALANKAN


APLIKASI

1. Tanggung jawab apa yang saat ini Anda terima? Bagaimana sikap hati Anda saat menjalankannya? 
2. Adakah hal yang menghalangi roh Anda menyala-nyala di dalam Tuhan? Sebutkan!
3. Apa komitmen Anda agar Anda bisa menerima dan menjalankan semua tanggung jawab besar yang diberikan kepada Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk setiap bentuk tanggung jawab yang sudah diberikan kepada kami. Kami tahu, itu adalah bentuk kepercayaan yang Engkau berikan kepada kami. Kami akan menerima dan menjalankan tanggung jawab itu dengan sepenuh hati kami. Biarkan roh kami terus menyala-nyala dalam melayani Engkau, ya Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”