Translate

Kasih Sebagai Motivasi Utama Dalam Melayani

Kasih sebagai motivasi utama dalam melayani ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada orang Kristen yang ada di kota Korintus, yaitu dalam 1 Korintus 16:10-16. Dalam 1 Korintus 16:14, rasul Paulus dalam pimpinan Roh Kudus, menulis: “Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!

Sebagai pelayan baru di sekolah minggu, Wina sangat bergairah dan menyala-nyala dalam melayani Tuhan. Sayangnya, sikap pemimpinnya acuh tak acuh. Meski demikian, Wina tidak mundur. Alih-alih menjadi kecewa, ia semakin antusias memajukan sekolah minggu di gerejanya.

Kasih kepada Tuhan dan anak-anak membuatnya tidak kehabisan akal. Dari dompetnya sendiri, ia membeli bahan untuk membuat boneka peraga dan permen untuk anak-anak sekolah minggu. Suasana sekolah minggu pun menjadi lebih hidup dan menarik. Alhasil, Wina pun mengalami penuaian besar. Sekolah minggu yang awalnya hanya 10 jiwa kini bertambah menjadi 259 jiwa.

Dunia ini banyak mengajarkan kita untuk berusaha keras agar kita memiliki kehidupan yang lebih baik, lebih berbahagia, dan dihargai banyak orang. Semua ini tidak ada salahnya, tetapi kalau motivasi kita hanyalah “saya”, “saya”, dan diri “saya” sendiri, pada akhirnya kita akan menjadi pribadi yang kosong. Ketika kita menemui kesulitan dan orang lain tidak menghargai kita, kita akan mudah kecewa, bersungut-sungut, bahkan berhenti di tengah jalan.

Berbeda halnya ketika kita bekerja atau melayani karena kasih. Saat kita ingin memberikan yang terbaik bagi Tuhan dan sesama, kasih itu akan menjadi semangat terbesar untuk kita berkarya sebaik mungkin. Ketika orang di sekeliling kita acuh tak acuh dan tidak ikut bekerja, kita tidak akan marah serta menghakimi.

Ketika tidak ada yang memuji atau menghargai, kita tidak akan kecewa. Sebaliknya, kita akan terus berkarya, berkarya, dan terus berkarya. Percayalah, segala sesuatu yang kita kerjakan di dalam kasih tidak akan kembali dengan sia-sia.


Kita pasti akan menuai perkenanan Tuhan, memenangkan jiwa-jiwa, dan promosi dari Tuhan sendiri yang akan membawa kita ke level berikutnya. Kita akan memasuki kehidupan yang luar biasa bersama Tuhan, kehidupan yang berdampak bagi banyak jiwa, dan berbuah lebat bagi Kerajaan Sorga.

RENUNGAN

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Bekerjalah dengan MOTIVASI KASIH, itulah yang akan menjadi SEMANGAT TERBESAR untuk kita BERKARYA SEBAIK MUNGKIN

APLIKASI

1. Hari ini, mari luangkan waktu sejenak untuk memeriksa, apa yang menjadi motivasi Anda dalam bekerja? 
2. Apa yang akan kita terima, jika kita bekerja dengan motivasi kasih? 
3. Bagaimana Anda dapat mulai bekerja dengan motivasi kasih dalam apa pun yang tengah Anda kerjakan sekarang?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, kami bersyukur atas kasih-Mu yang ajaib yang telah Engkau curahkan atas hidup kami. Kami rindu dan ingin berkomitmen untuk bekerja dengan motivasi kasih, sehingga kami boleh berkarya dengan penuh semangat, dan sebaik mungkin bagi Kerajaan-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”