Translate

Meningkatkan Level Pengenalan Akan Allah

Meningkatkan level pengenalan akan Allah ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Ayub 42:2-6. Dalam Ayub 42:5, penulis kitab Ayub dalam pimpinan Roh Kudus, menulis: “Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau”.

Bayangkan, kehidupan Anda begitu sempurna. Anda memiliki keluarga bahagia dengan lima anak. Tuhan pun memberkati karier dan usaha Anda. Namun, tiba-tiba saja penyakit merenggut anak laki-laki Anda.

Lalu, di tahun yang sama, kebakaran besar melahap bisnis Anda dan Anda hampir bangkrut. Bukan hanya itu, dua tahun kemudian, Anda kehilangan semua anak Anda dalam kecelakaan laut. Mungkin Anda berpikir, tragedi besar seperti itu hanya bisa menimpa Ayub. Namun, ini adalah kisah nyata yang terjadi sekitar satu setengah abad yang lalu pada pria bernama Horatio Spafford.

Dalam kesedihan yang menggulungnya bagai ombak lautan, ia menulis himne, “Meski iblis memukulku bertubi-tubi, meski pencobaan harus datang, biarlah jaminan-Nya mengambil alih. Kristus telah memperhatikan ketidakberdayaanku dan mencurahkan darah-Nya untuk jiwaku.” 

Seperti Ayub, mungkin sebelumnya Horatio hanya mengetahui kalau Allah itu baik. Namun, saat tragedi besar terus menimpanya, ia tidak menutup pintu hatinya bagi Tuhan. Ia tidak membiarkan dirinya tenggelam dalam kenestapaan ataupun kemarahan. Ia tetap mengingat karya Kristus di atas kayu salib dan memuliakan Tuhan dengan jiwanya.


Tuhan pun menunjukkan kasih setia-Nya dan membawa Horatio kepada level pengenalan Allah yang lebih dalam. Sehingga ia boleh mengalami kedamaian, yang seperti sungai, mengaliri dan memenuhi hatinya. Pengalaman ilahi inilah yang tertuang nyata dalam barisan-barisan lirik “It is Well with My Soul”.

Dalam pergumulan sehari-hari kita, kita pun dapat berjuang untuk meningkatkan level pengenalan kita akan Allah. Mungkin selama ini kita hanya sebatas mengerti dari khotbah yang kita dengar, dari guru atau cerita orangtua kita saat kecil, atau karena kita membaca Alkitab. Mulai sekarang, mendekatlah kepada Tuhan yang telah terlebih rindu untuk dekat dengan kita. Saat semakin mengenal-Nya hari lepas hari, kita pun akan mengalami hubungan pribadi yang semakin hidup dengan Tuhan dan menikmati kuasa kebangkitan-Nya.

RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Teruslah MENINGKATKAN level pengenalan kita akan Allah sampai kita MENGALAMI TUHAN SECARA PRIBADI

APLIKASI
1. Menurut Anda, sudah di tahap manakah level pengenalan Anda akan Allah? 
2. Mengapa Anda perlu terus meningkatkan level pengenalan Anda akan Allah? 
3. Bagaimana Anda dapat meningkatkan level pengenalan Anda akan Allah?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami ingin lebih lagi mengenal-Mu. Biarlah dari hari ke hari, kami boleh mengalami-Mu secara pribadi, agar kami pun boleh menjadi alat-Mu yang Engkau pakai secara dahsyat untuk mendatangkan sorga di bumi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”