Translate

Mengelola Keuangan Di Bawah Pengawasan Tuhan

Mengelelo keuangan di bawah pengawasan Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Amsal 21:17-25. Dalam Amsal 21:20, penulis kitab Amsal dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan mengelola keuangan di bawah pengawasan Tuhan, menulis: “Orang bijaksana tetap makmur dan kaya; tetapi orang bodoh memboroskan hartanya” (Bahasa Indonesia Sehari-hari).

Rina dan Rian adalah kakak beradik pengusaha. Mereka terbilang cukup sukses dalam bidangnya masing-masing. Rina mempunyai bisnis online shop, sedangkan Rian bergelut dalam dunia properti. Namun, meski mereka dibesarkan dan dididik dengan cara yang sama, gaya hidup mereka berbeda.

Rina suka membeli barang-barang mewah, tetapi Rian lebih memilih berinvestasi. Untuk beberapa waktu, semuanya berjalan baik-baik saja. Sampai suatu ketika, datanglah krisis moneter yang sangat memengaruhi bisnis mereka.

Namun, karena Rian terbiasa dengan kehidupan yang sederhana serta memiliki banyak investasi, kondisi perekonomian yang suram tidak terlalu memengaruhinya. Berbeda dengan saudarinya, karena tidak memiliki bentuk simpanan lainnya, penghasilannya pun lambat laun habis.

Setiap kita tentu ingin hidup penuh berkat di bawah Sorga Terbuka. Namun, kita perlu memahami, berapa banyak pun berkat yang Tuhan curahkan, percuma saja jika kita tidak bisa mengelolanya dengan benar.

Jika kita hanya bisa menghabiskan apa yang Tuhan berikan, bahkan memboroskannya, kita sama saja seperti sedang menampung berkat Tuhan dalam wadah yang bocor. Lama-kelamaan, kita pun kehilangan berkat itu dan kita tidak pernah bisa menikmati berkat kelimpahan-Nya yang sejati.

Dalam hal ini, kita perlu belajar seperti Yusuf, yang menyimpan sebagian dari hasil panen pada masa tujuh tahun kelimpahan di Mesir (Kej. 41). Amsal pun mengajarkan kita untuk meneladani semut yang menyimpan cadangan makanan pada musim panas (Ams. 6:6-8).

Sebab, tidak selamanya kita bisa menikmati musim semi dalam kehidupan kita. Kita perlu mempersiapkan diri untuk datangnya musim dingin. Mintalah hikmat Allah untuk dapat mengelola keuangan dengan bijaksana, sehingga kita dapat menikmati berkat Tuhan yang ajaib sepenuhnya.

Agar kita pun boleh menjadi berkat yang lebih besar lagi untuk banyak orang dan nama Tuhan dipermuliakan. Dengan demikian, hidup kita di bawah Sorga Terbuka pun tidaklah tersia-siakan.

Jika pembaca dan pengunjung blog diberkati melalui setiap firman Tuhan yang diulas di blog ini dan rindu untuk memberkati dengan memberi persembahan kasih sesuai dengan yang digerakan oleh Roh Kudus, SILAHKAN KLIK LINK INI: A BLESSING TO THE WORLD


RENUNGAN
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, cara kita MENGELOLA KEUANGAN akan menentukan seberapa besar BERKAT YANG BISA KITA TAMPUNG di bawah Sorga Terbuka

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengelola berkat yang Tuhan percayakan kepada Anda dengan sebaik-baiknya?
2. Menurut Anda, bagaimana pengelolaan keuangan berpengaruh besar dalam menentukan berkat yang bisa kita tampung di bawah Sorga Terbuka?
3. Bagaimana Anda dapat mengelola berkat Tuhan dengan bijak? Tuliskanlah cara-cara yang terpikirkan oleh Anda sekarang ini!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih atas berkat yang sudah Engkau percayakan dalam kehidupan kami. Terima kasih juga untuk Sorga Terbuka yang Engkau janjikan bagi kami. Kami ingin menjadi hamba yang dapat Engkau percayakan dengan berkat-berkat yang lebih lagi, sehingga kami pun juga dapat Engkau pakai menjadi saluran berkat bagi orang-orang di sekitar kami. Tolong ingatkan kami, ya, Roh Kudus, agar kami dapat senantiasa bijak dalam mengelola apa yang sudah Engkau percayakan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”