Translate

Build Relationship

Build relationship ~ Manusia yang tidak mau bersosialisasi dan berkomunitas adalah manusia yang mengingkari kodrat, karena manusia adalah mahluk social yang harus bersosialisasi satu dengan yang lain, manusia membutuhkan komunitas sebab dalam komunitas manusia semakin belajar untuk memahami satu dengan yang lainnya itu sebabnya manusia perlu membangun suatu hubungan.

Relasi yang harus ditumbuhkembangkan
Hubungan dengan Tuhan.
Hubungan dengan Tuhan haruslah yang menjadi yang utama dan terutama dalam hidup ini karena Tuhanlah yang menciptakan manusia, Dialah yang mengarur hidup kita dan Dialah yang memberi kita hidup. Rick Warren, menulis dalam bukunya “purpose driven life” salah satu tujuan Allah menciptkan kita menyembah Dia, artinya bahwa manusia diciptakan Tuhan untuk selalu berkomunikasi dengan Tuhan dengan cara menyembah Dia.

Hubungan dengan sesama
Hubungan dengan sesama juga begitu penting kita jaga dan pelihara sebab Tuhan merindukan setiap manusia bisa saling membantu dan saling menolong, dan perlu kita ingat bahwa tidak ada manusia yang bisa berhasil seorang diri dalam hidup, dan keberhasilan seseorang dalam hidup karena ada orang lain yang mensuport dan mendoakan kita.



Firman Tuhan berkata dalam Lukas 10-27. Jawab orang itu “kasihilah Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu, dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Ini adalah dasar firman Tuhan yang perlu selalu kita ingat. Dan dasar membangun hubungan  yang baik adalah kasih. Jadi kasihlah yang mengikat semuanya, sekalipun ada banyak perbedaan dan perselisihan dan kesalahpahaman kasih akan mengikat untuk tetap bersatu dan mencapai apa yang menjadi tujuan dalam hidup kita.

Bagaimana kita membangun hubungan dengan sesama?
Belajar memahami  sesama.
Memberi  perhatian kepada sesama.
Memberi pujian dan penghargaan.
Memberi dorongan untuk maju.

Hal-hal yang merusak hubungan:
Selalu suka menuntut.
Bersungut-sungut
Berpikir negative.
Kiranya renungan ini dapat membuat kita semakin baik dalam membangun hubungan baik kepada Tuhan maupun sesame. Tuhan Yesus memberkati.