Translate

Aku Hidup Karena Kristus Hidup

Aku hidup karena Kristus hidup ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat Tuhan yang ada di kota Galatia, yaitu Galatia 2:15-21. Rasul Paulus mendengar bahwa jemaat di Galatia dikacaukan oleh beberapa guru Yahudi dengan memaksa jemaat harus di sunat dan harus menerima Kuk Taurat Musa sebagai syarat selamat dan untuk diterima sebagai anggota Gereja.

Setelah mendengar hal ini Rasul Paulus menulis surat ini kepada jemaat di Galatia untuk menegaskan bahwa: Syarat-syarat yang dituntut hukum seperti surat dibawah Perjanjian Lama tidak ada hubungannya dengan kasih karunia Allah di dalam Yesus Kristus untuk keselamatan.
Kita menerima Roh Kudus oleh Iman kepada Tuhan Yesus Kristus bukan oleh ikatan kepada Hukum Taurat.

Mari kita dengar penjelasan Rasul Paulus dalam suratnya  Galatia 2:15–21, dan ini juga berlaku buat kita:

1. Dibenarkan oleh karena iman bukan karena melakukan Taurat
"Kamu tahu, bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorang pun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat" - Galatia 2:16.


Rasul Paulus memberi penilaian kepada jemaat Galatia bagaimana orang berdosa dapat dibenarkan yaitu diampuni dosanya, diterima oleh Allah dan memiliki hubungan yang benar dengan-Nya. Hal ini terjadi bukan dengan melakukan Hukum Taurat tetapi oleh iman yang hidup dalam Kristus Yesus.

2. Aku telah mati untuk Hukum Taurat supaya hidup untuk Allah
"Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah" - Galatia 2:19a. Kita tidak lagi mengharapkan hukum Taurat untuk mengerjakan keselamatan dan penerimaan Allah. Kita sudah dipisahkan dari hukum PL dan dipersatukan dengan Kristus dan kita sekarang mengharapkan keselamatan dari Kristus – Kita harus percaya kepada Yesus menerima Roh dan kasih karunia-Nya – dan dengan demikian menerima pengampunan dosa dan diperbaharui, dan dapat berbuah bagi Allah.

3. Aku telah disalibkan dengan Kristus (ay 19 b)
"Aku telah disalibkan dengan Kristus" - Galatia 2:19b. Mereka yang beriman kepada Kristus hidup dalam kesatuan intim dengan Tuhan Yesus baik dalam kematian maupun kebangkitan-Nya. Mati bersama Yesus dan bangkit bersama Yesus.

4. Namun aku hidup bukan aku lagi tapi Kristus yang hidup dalam aku (ay 20)
"Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku" - Galatia 2:20.

Artinya: Kehidupanku bukan dipimpin  oleh diriku sendiri lagi tapi Kristus yang menjadi penuntun hidupku. Pernyataan/Pengakuan ini mendatangkan banyak resiko ada harga yang harus dibayar; Diejek dan diolok karena nama Yesus (Luk 21:17); Dibenci oleh dunia (I Yoh 3 : 13); Nyawa dapat terancam (Luk 14 : 26); Ditinggal oleh keluarga (Mat 10 : 37).  Kiranya Firman Tuhan ini mendorong motivasi kita untuk tidak takut bayar harga sebagai pengikut Yesus.