Translate

Ini Tujuan Karunia Roh Diberikan

Ini tujuan karunia roh diberikan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Kisah Para Rasul 1:1-9. Dalam Kisah Para Rasul 1:8, dokter Lukas dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan tujuan karunia roh diberikan, menulis demikian: “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi”.

Karunia Roh merupakan pemberian anugerah Allah oleh Roh Kudus setelah kita percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi. Pemberian Karunia Roh bukan didasarkan pada kehebatan dan kepintaran manusiawi kita, tetapi didasarkan pada kehendak dan otoritas dari Roh Kudus.

Karunia Roh juga diberikan tidak sama kepada semua orang percaya. Masing-masing orang percaya diberikan karunia Roh yang berbeda-beda. Pemberian karunia Roh yang berlain-lainan ini ialah untuk saling melengkapi dalam pelayanan dan pertumbuhan hidup umat Tuhan.

Karunia Roh sebagai pemebrian anugerah Allah melalui Roh Kudus kepada setiap orang percaya harus dipergunakan secara benar demi kemajuan dan pertumbuhan gereja Tuhan.


Tuhan tidak memberikan berbagai karunia roh kepada kita agar kita dapat menggunakannya untuk kepentingan pribadi kita. Pada saat Tuhan Yesus memerintahkan murid-murid-Nya untuk menantikan Roh Kudus dan kuasa yang akan mereka terima bersamaan dengan itu, Dia telah menerangkan alasan mengapa mereka menerimanya.

Hal itu adalah untuk memperlengkapi mereka, agar ke mana pun mereka pergi, orang banyak dapat melihat besarnya kuasa Allah melalui kesaksian dan tanda-tanda ajaib yang mereka perbuat. Supaya melalui mereka, Injil Kerajaan Allah dapat diterima oleh semua bangsa.

Namun perintah untuk menjadi saksi-Nya sampai ke ujung bumi ini belumlah tergenapi. Di zaman para rasul, jangkauan pelayanan mereka belum sampai ke seluruh dunia. Sampai sekarang pun, masih banyak ujung-ujung bumi yang belum mendengarkan kesaksian tentang Yesus. Bahkan, ada banyak orang yang pernah mendengar tentang Yesus, tetapi belum benar-benar menerima kesaksian tentang-Nya. Untuk itulah kita dipanggil menjadi saksi-Nya.

Saat Tuhan memanggil kita, Dia tidak meminta kita untuk melakukannya sendirian. Roh Kudus yang akan mengendalikan dan menuntun hidup kita, serta memampukan kita. Dia pun tidak selalu meminta kita melakukan hal-hal besar seperti mendemonstrasikan mujizat-Nya. Seringnya, Dia mau kita melakukan hal-hal yang lebih sederhana.

Latihlah kepekaan kita terhadap suara dan tuntunan-Nya. Tanyakan kepada-Nya, apa yang Dia ingin kita lakukan hari ini. Di zaman modern ini, kita dapat memanfaatkan sosial media untuk menuliskan kesaksian-kesaksian kecil tentang kebaikan Tuhan dalam hidup kita setiap harinya. Kita pun dapat membagikan ReKA atau Worship Audio ke teman-teman yang mungkin membutuhkan. Melalui internet, penginjilan tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga kabar keselamatan bisa menjangkau seluruh Bumi.

RENUNGAN

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Roh Kudus memanifestasikan KARUNIA-KARUNIA ROH dengan satu tujuan, yaitu MEMBERITAKAN YESUS dan MEMPERTOBATKAN JIWA-JIWA

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menggunakan karunia Roh yang diberikan Tuhan dalam hidup Anda untuk menyelamatkan jiwa?

2. Komitmen apa yang akan Anda ambil untuk menyebarkan berita keselamatan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, berikan kami pengurapan-Mu, supaya kami terus memiliki komitmen untuk memberitakan Injil sampai ke ujung Bumi, mulai dari orang-orang terdekat kami. Mampukan setiap kami dan curahkan hikmat atas kami semua saat kami menjadi saksi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”