Translate

PENGERTIAN DAN DEFINISI PENGANGKATAN

Pengangkatan gereja dalam merupakan salah satu dokmatika dalam teologi kekristenan. Pengangkatan gereja ini juga merupakan salah satu mata rantai yang tidak terpisahkan dari karya penebusan yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya dan menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi.
Apa sesungguhnya arti dari kata pengangnkatan itu? Istilah pengangkatan dalam bahasa Inggrisnya ada beragam nomina. Nomina-nomina tersebut adalah sebagai berikut, yaitu: 

pertama, appointment yang artinya "janji, penunjukan, pengangkatan, janji bertemu, penetapan, jabatan"; 
kedua, designation berarti: "penunjukan, sebutan, penandaan, gelar, pengangkatan, penyebutan"; 
ketiga, assignment artinya "tugas, penugasan, penempatan, pekerjaan, penyerahan, pengangkatan"; ketiga, lifting artinya "pengangkatan"; 
keempat, adoption yang berarti "adopsi, pengangkatan, pemakaian, pemungutan"; 
kelima, elevation artinya "ketinggian, pengangkatan, peninggian, tingginya, bukit"; 
keenam, nomination artinya "pencalonan, penunjukan, pengangkatan, benuman"; 
ketujuh, levitation artinya "pengangkatan"; 
kedelapan, pickup artinya "pikap, pengambilan, pengangkatan, truk pikap, gerobak pikap"; kesembilan, lug artinya "penyeretan, pembawaan, pengangkatan, telinga"; 
kesepuluh, assignation artinya "penempatan, pengangkatan, pertemuan yg disepakati". Pengangkatan dalam perspektif teologi Pengangkatan dalam perspektif teologi menjelaskan tentang karya dan tindakan Allah yang khas dan khusus berkaitan dengan status yang dikaruniakan-Nya bagi kita orang percaya. Berkenaan dengan paparan di atas, maka dapat dikatakan bahwa pengangkatan atau "adoption" ialah "Karya dan tindakan anugerah Allah yang mengaruniakan status dan hak istimewa kepada orang yang ditebus-Nya menjadi anak-anak Allah". 

Adoption atau adopsi atau pengangkatan di sini menunjuk kepada tindakan yuridis Allah terhadap orang percaya yang percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya secara pribadi. Tindakan yuridis Allah adalah tindakan yang pasti sempurna dari Allah untuk memberikan hak spesial kepada setiap orang yang percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya secara pribadi menjadi anak Allah. 

Berkaitan dengan hal ini, penulis Injil Yohanes menulis demikian: "Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya" - Yohanes 1:12. Tindakan yuridis Allah tersebut menjadi jaminan yang pasti bahwa kita yang menerima dan percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi memiliki hak untuk mewarisi janji-janji Allah dan juga sebagai pewaris dari warisan kekal milik-Nya yaitu hidup yang kekal. 

Jadi, kita ini adalah anak dan Allah adalah Bapa kita. Sebagai anak, kita memiliki hak untuk menerima warisan kekal yaitu hidup kekal dari Allah dan berhak menempati kerajaan sorga karena kita ahli waris-Nya. Selain itu, sebagai anak, kita juga memiliki kewajiban, yaitu hormat kepada Bapa, dengar-dengaran kepada firman Bapa, taat melakukan perintah-perintah Bapa, dan menjauhi larangan-larangan Bapa, hidup menyenangkan hati Bapa dan mempermuliakan nama-Nya. 

Dalam Injil Matius dikatakan demikian: "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga" - Matius 5:13-16. 

Jadi, sebagai anak, kita harus menjadi garam yaitu menggarami dunia yang sedang hidup dalam kebusukan dosa. Kita harus menjadi terang untuk menerangi orang yang sedang berada di dalam kegelapan dosa. Dengan begitu kita menjadi berkat bagi sesama kita dan akhirnya mempermuliakan Bapa di sorga.

Post a Comment for "PENGERTIAN DAN DEFINISI PENGANGKATAN"